Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Untuk pembahasan kali ini kita akan belajar lebih banyak tentang hadis yang ada dalam hal ini berdasarkan pengertian, berdasarkan ahli, fungsi, tujuan, sebab dan contohnya, sehingga semakin banyak orang yang bisa melihat lebih banyak tentang hal tersebut.

Pengertian Tradisi

Tradisi adalah semua yang diwariskan atau diwarisi dari saat ini hingga saat ini atau saat ini. Tradisi dalam arti sempit masing-masing warisan sosial tertentu menuntut hanya untuk dapat hidup di masa kini yang masih terikat dengan kehidupan modern.

Tradisi melihat dari segi materi merupakan materi yang menunjukkan dan mengingatkan hubungan khusus dengan kehidupan masa lalu. Contoh tradisi; Candi, reruntuhan kuno, mobil Kencana, berbagai peninggalan lainnya, jelas masuk dalam tradisi.

Pengertian Tradisi Menurut Para Ahli

Ada beberapa definisi tradisi menurut para ahli, antara lain:

Oleh imtima: 2007
Tradisi adalah rumusan, cara, atau konsep kelahiran yang pertama kali digunakan oleh masyarakat saat itu.

Oleh M Abed Al Jabri: 2000
Tradisi adalah semua yang Anda warisi dari laki-laki dari orang tuanya, apapun kedudukan, warisan atau pusaka.

Lihat juga Artikel Terkait: Definisi “Teater Tradisional & Modern” & (Fitur – Contoh – Perbedaan)

Oleh WJS Poerwadaminto (1976)
Tradisi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan kehidupan dalam masyarakat yang dipraktekkan secara terus menerus, seperti: adat istiadat, budaya, kebiasaan dan kepercayaan.

Oleh Soerjono Soekamto (1990)
Tradisi merupakan kegiatan yang dilakukan oleh banyak kelompok.

Menurut Bastomi (1984: 14)
Tradisi berasal dari satu budaya, dengan tradisi sistem budaya akan semakin kuat. Jika tradisi bisa dihilangkan, ada harapan kebudayaan akan berakhir pada waktunya.

Menurut Van Reusen (1992: 115)
Tradisi adalah norma adat istiadat, aturan, properti. tidak ada tradisi yang tidak bisa diubah. Tradisi sebenarnya adalah penyatuan dengan berbagai perbuatan manusia dan dapat diterapkan secara utuh.

Menurut Ensiklopedia
Tradisi merupakan sesuatu yang sudah dilakukan sejak lama dan masih menjadi bagian dari kehidupan masyarakat hingga saat ini.

Menurut Shils (1981: 12)
Tradisi adalah semua yang diturunkan dari generasi ke generasi hingga saat ini. Kriteria tradisi selanjutnya dapat dibatasi oleh batas waktu.

Oleh Piotr Sztompka (2011: 69-70)
Tradisi adalah segala gagasan dan gagasan yang ada dari masa lalu, yang masih ada hingga saat ini, belum dihancurkan, dihancurkan atau dilupakan.

Menurut KBBI
Tradisi adalah adat istiadat yang diwarisi dari nenek moyang yang telah dipraktekkan oleh masyarakat; penilaian dan asumsi dari metode yang ada adalah yang terbaik dan paling benar.

Sumber: blog.malavida.co.id