Cara Agar Link Sumber Otomatis Muncul Saat Artikel DiCopy Paste

Cara Agar Link Sumber Otomatis Muncul Saat Artikel DiCopy PasteCara Agar Link Sumber Otomatis Muncul Saat Artikel DiCopy Paste

Sebagai blogger, kita tentu berharap agar karya yang sudah kita buat dengan susah payah dapat memberikan manfaat bagi yang membacanya. Namun sayangnya, kadang kala niat baik kita tersebut dibalas dengan tindakan tidak menyenangkan oleh para tukang copas tidak bertanggung jawab. Mereka dengan seenaknya menyalin artikel kita untuk diposting ulang di situs miliknya tanpa menyertakan link menuju sumber aslinya.

Tindakan seperti ini tentu membuat kita jengkel karena dapat merugikan kita sebagai pemilik asli tulisan tersebut. Untuk mengantisipasi terjadinya hal seperti ini, kita dapat mengatasinya dengan membuat sumber link otomatis yang akan muncul ketika artikel disalin. Cara kerjanya yaitu ketika ada orang lain menyalin postingan blog kita, maka secara otomatis sumber link juga akan terbawa atau akan muncul dengan sendirinya di bawah artikel yang dicopas tersebut.

Dengan cara ini, maka secara tidak langsung kita telah memperingatkan orang tersebut agar bersedia menyertakan sumber link dari artikel blog kita jika dia ingin menyalinnya di situsnya. Meskipun peringatan berupa sumber link otomatis ini nantinya bisa dihapus, setidaknya kita telah melakukan tindakan terpuji yaitu saling mengingatkan dalam kebaikan agar setiap orang sadar untuk dapat menghargai karya orang lain dengan selayaknya.

link sumber muncul 2
Contoh hasilnya

Cara Membuat Link Sumber Otomatis Saat Artikel DiCopy Paste

Untuk membuat Link Sumber Otomatis muncul saat artikel dicopas, caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menambahkan beberapa kode script ke dalam html template anda.

Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Buka akun blogger anda.

2. Pilih menu thema dan klik edit html.

3. Cari kode </body> dan letakkan kode berikut ini di atasnya.

<script type=’text/javascript’>
//<![CDATA[
// Copy Text
function nocopas(){var e=window.getSelection();pagelink=”<br/><br/>Link Sumber: “+document.location.href,copytext=e+pagelink,newdiv=document.createElement(“div”),newdiv.style.position=”absolute”,newdiv.style.left=”-99999px”,document.body.appendChild(newdiv),newdiv.innerHTML=copytext,e.selectAllChildren(newdiv),window.setTimeout(function(){document.body.removeChild(newdiv)},100)}document.addEventListener(“copy”,nocopas);
//]]>
</script>

4. Silahkan simpan kembali template anda.

Baca juga: Cara Agar Artikel Blog Tidak Bisa Dicopy Paste

Setelah script terpasang, anda bisa mengetesnya langsung dengan mencoba manyalin salah satu artikel di blog anda. Hasilnya, link sumber pun akan otomatis muncul di bagian bawah artikel yang disalin tersebut. Demikian. Semoga bermanfaat.

Recent Posts