HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN MENTIMUN

HAMA DAN PENYAKIT TANAMAN MENTIMUNHAMA DAN PENYAKIT TANAMAN MENTIMUN

Hama yang sering menyerang tanaman mentimun antara lain :

1. Semut merah

Semut merah menyerang biji mentimun yang baru di tanam dengan cara membawa keluar dari lubang dan memakannya .cara mengatasinya : sebelum icir / penanaman , biji harus di campur dulu dengan Insektisida bahan aktif Karbosulfan yaitu Marshal 5 g .dengan dosis 5 gram per 5 pack / sachet.

2. Uret / gayas / embuk

Hama ini menyerang tanaman mentimun saat tanaman mulai tumbuh dan mengeluarkan akar, yang diserang adalah akar tanaman kemudian batang yang ada dalam tanah , sehingga tanaamn layu dan mati.
Cara penanggulangannya : taburkan insektisida berbahan aktif karbofuran (Furadan ,Sidafur dll) dengan dosis 14 kg / ha pada akar tanaman atau dicampur saat pemupukan.

3. Ulat tanah (Agrotis ipsilon )

Ulat tanah berwarna hitam menyerang akar tanaman mentimun dengan memakan akar dan batang sehingga menyebahkan layu dan mati , biasanya menyerang saat malam hari .
Cara penanggulangannya : gunakan Insektisida tabur berbahan aktif Fipronil ( Regent 0.3 g ) taburkan bersama dengan pemupukan atau dikocorkan dengan air.

4. Penggorok daun / Lalat daun

Hama penggorok daun berasal dari lalat Liriomiza yang meletakkan telurnya dengan menyuntikkan kedalam jaringan daun , selang 3 hari telur menetas dan menjadi larva yang memakan jaringan daun ,daun mentimun terlihat seperti garis putih ,lama-lama akan melebar dan selanjutnya kering dan mati.serangan seperti juga pada tanaman bawang merah

5. Cabuk / kutu hitam

Cabuk / kutu hitam menyerang daun mentimun dengan menyerap sari makanan lewat tulang daun tanaman mentimun , daun akan tampak kuning kemudian layu dan mati. Biasanya hama ini menyerang saat puncak musim kemarau.
Cara penanggulangannya : gunakan insektisida berbahan aktif Imidakloprit ( Interprit ,klapindo ) dan Fipronil ( regent 0.3 g )di semprotkan pada daun dengan dosis 2 sendok makan tiap 17 liter air. Cara penyemprotannya : dari atas dan bawah daun.

 

 

Recent Posts