Apakah Boleh Mencabut Gigi Sendiri (4 Cara Mudah Cabut Gigi Sendiri Di Rumah)

Apakah Boleh Mencabut Gigi Sendiri (4 Cara Mudah Cabut Gigi Sendiri Di Rumah)Apakah Boleh Mencabut Gigi Sendiri (4 Cara Mudah Cabut Gigi Sendiri Di Rumah)

Pernah mengalami sakit gigi? dan ingin mencabut gigi sendiri tanpa rasa sakit? apakah hal itu diperbolehkan dan tidak berbahaya? mungkin dua pertanyaan diatas sempat terlintas di benak Anda, ketika mengalami sakit gigi, namun merasa enggan pergi ke dokter. Hampir setiap orang di dunia pernah mengalami sakit gigi, biasanya sakit gigi pertama dialami ketika kita kecil, misalnya saat tumbuh gigi, atau ketika gigi rusak karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang mengandung gula.

Mencabut gigi sendiri sebenarnya bisa di lakukan, dan biasanya penyebab utama orang mencabut gigi sendiri adalah merasa malas ke puskesmas, klinik gigi atau pun dokter karena jauhnya jarak yang harus di tempuh saat hendak kesana. Atau bisa juga karena kurangnya kesadaran akan kesehatan gigi dan mulut sehingga memutuskan untuk mencabut gigi sendiri.

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memutuskan untuk mencabut gigi sendiri, yang dimaksudkan disini adalah, kita harus benar-benar tahu apakah gigi yang akan di cabut sendiri ini bisa dilakukan tanpa bantuan medis (dokter gigi), karena pada kerusakan gigi tertentu, kami sangat menyarankan supaya menghubungi dokter gigi untuk mencabut gigi Anda yang sakit. Untuk mengetahuinya hal-hal apa saja, silahkan baca artikel kami sebelumnya yang berjudul 8 Hal Penting yang Perlu di Perhatikan Sebelum Mencabut Gigi.

Nah bila sudah membacanya, tentu Anda sudah mempunyai sedikit gambaran tentang resiko mencabut gigi, terutama bila dilakukan sendiri. Sekarang kita akan berbagi tips Cara Mudah Mencabut Gigi Sendiri Dirumah Tanpa Rasa Sakit. Cara ini bisa Anda praktekan dirumah, sehingga tetap merasa nyaman dan tidak repot-repot harus ke klinik atau puskesmas.

Cara Mencabut Gigi Sendiri di Rumah
Apakah Boleh Mencabut Gigi Sendiri? (4 Cara Mudah Cabut Gigi Sendiri Di Rumah)
Illustrasi Gambar Wanita Sakit Gigi Nyeri Cenut-cenut

1. Menggunakan Lidah Untuk Mendorong Gigi (Menggoyangkan Gigi)

Untuk beberapa kasus gigi yang sudah goyang, bisa menggunakan lidah untuk mendorongnya, tentu saja dengan cara perlahan, sehingga tidak akan terasa sakit yang berlebihan. Untuk anak-anak hal ini bisa di lakukan dengan mengajarinya supaya menggunakan lidah sebagai media yang paling gampang, berikan pengertian dan contoh, dengan begitu anak akan mengikuti caranya.

Kenapa harus menggunakan lidah? bila Anda sebagai orang tua tentu tahu bahwa jari-jari anak terkadang tidak steril, dan ditakutkan bila menggunakan tangan, maka akan ada bakteri yang masuk kemulut. Bakteri yang masuk ke mulut bisa menyebabkan infeksi pada gigi dan gusi.

Selain itu tekstur lidah tentu lebih lembut dibandingkan jari-jari tangan, dan hal ini dapat membuat rasa sakit saat mencabut gigi dapat dikurangi. Namun ada baiknya Anda juga memperhatikan gigi Anak, apakah ada lubang (karies), terlihat bersih dan tanpa infeksi, jika terdapat bolong dan tampak infeksi kami sarankan supaya menghubungi tim medis (dokter gigi), kemungkian akan dilakukan pembedahan ringan di klinik.

2. Menggunakan Kasa Untuk Mencabut Gigi
Cara yang kedua untuk mencabut gigi sendiri dirumah adalah menggunakan kasa sebagai alas tangan, supaya tidak

bersentuhan langsung jari-jari dengan gigi yang mau dicabut. Disamping untuk menjaga kebersihan juga meminimalkan resiko infeksi.

Tempelkan kasa di gigi yang akan dicabut, lalu gunakan tangan Anda untuk menggoyangkan gigi, ada baiknya di goyang secara perlahan, ke depan dan ke belakang. Perlu diperhatikan, bila ada darah yang keluar cukup banyak, sebaiknya hentikan dahulu aktifitas Anda menggoyang gigi. Darah yang keluar secara berlebihan bisa dijadikan pertanda bahwa gigi belum siap untuk dicabut.

Perhatikan juga, bila rasa sakit parah, sebaiknya hentikan dulu, Anda bisa mengulanginya bila sudah mereda, cabut gigi dengan perlahan, sampai lapisan ligamen yang menghubungkan gusi dengan gigi rusak, tapi jika darah yang keluar masih banyak. Sebaiknya pikirkan lagi untuk melanjutkannya.
Apakah Boleh Mencabut Gigi Sendiri? (4 Cara Mudah Cabut Gigi Sendiri Di Rumah)
Illustrasi Gambar Pemeriksaan Gigi oleh Dokter Gigi

3. Menggunakan Apel (Menggigit Buah Apel)
Cara mencabut gigi sendiri dengan menggunakan buah apel bisa Anda praktekan, pilihlah apel yang tidak terlalu keras, dan mulailah menggigitnya secara perlahan.

Mencabut gigi menggunakan buah apel, bisa diterapkan untuk gigi bagian depan, sedangkan gigi bagian belakang (geraham), mungkin agak susah untuk penerapannya. Satu lagi, penggunaan buah apel hanya bisa di lakukan untuk gigi yang sudah tidak terkait dengan tulang manapun, alias gigi yang hanya terkait dengan gusi saja. Tipe gigi yang hanya terikat pada gusi biasanya bebas bergerak kesegala arah, dan umumnya menyebabkan nyeri dan rasa sakit, jadi lakukan dengan perlahan.

4. Membiarkan Gigi Terlepas Sendiri
Cara yang terakhir ini sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, yup, membiarkan gigi terlepas sendiri secara alami. Untuk anak-anak, ketika waktunya pergantian gigi, bila dipaksakan untuk mencabut gigi secara dini dikhawatirkan akan menyulitkan gigi yang akan tumbuh menggantikannya. Jadi perhatikan apakah perlu mencabutnya, atau kita biarkan saja terlepas dengan sendirinya.

Untuk orang dewasa, gigi yang sudah hampir terlepas (goyah), namun ada rasa nyeri atau rasa sakit berlebih, dan memilih membiarkan gigi terlepas sendiri tentu pilihan yang cukup sulit, karena Anda akan menahan rasa sakit dan nyeri untuk waktu yang cukup lama, jadi saran kami sebaiknya hubungi ahlinya.

 

Recent Posts