Aliran mu’tazilah

 Aliran mu’tazilah

Mu’taziah adalah salah satu aliran pemikiran dalam islam yang banyak terpengaruh dengan filsafat barta sehingga berkecenderungan menggunakan rasio sebagai dasar argumentasi. Golongan ini muncul karena mereka berbeda pendapat dengan golongan khawarij dan murjiah tentang pemberian status kafir kepada yang berbuat dosa besar. Doktrin ajarannya adalah :

  1. Al Tauhid (keesaan Tuhan)

Inti akidah mahzab mereka dalam membangun keyakinan tentang mustahilnya melihat Allah di akhirat nanti, dan sifat sifat Allah itu adalah subtansi dzatnya sendiri serta Al qur’an adalah makhluq.

  1. Al-‘adl (keadilan Tuhan)

Tuhan tidak memerintahkan sesuatu kecuali menurut apa yang dikehendaki-Nya ia hanya menguasai kebaikan kebaikan yang diperintahkna-Nya dan tidak tahu menahu(bebas) dari keburukan-keburukan yang dilarang-Nya. Al- wa’d wa Al-wa’id(janji dan ancaman)

Bahwa wajib bagi Allah untuk memenuhi janji-Nya bagi perilaku kebaikan agar dimasukan ke dalam surga,dan melaksanakan ancamannya bagi pelaku dosa besar (walaupun di bawah syirik) agar dimasukan kedalam neraka, kekal abadi didalamnya. Dan tidak boleh bagi Allah untuk menyelisihnya.

Sumber :

https://mlwcards.com/ceo-uber-gelar-perundingan-konstruktif-dengan-otoritas-transportasi-london/