Aliran Aliran Ilmu Kalam

Aliran Aliran Ilmu Kalam

  1. Aliran al khawarij

Secara bahasa kata khawarij berarti orang-orang yang telah keluar. Kata ini dipergunakan oleh kalangan Islam untuk menyebut sekelompok orang yang keluar dari barisan Ali ibn Abi Thalib r.a. karena kekecewaan mereka terhadap sikapnya yang telah menerima tawaran tahkim (arbitrase) dari kelompok Mu’awiyyah yang dikomandoi oleh Amr ibn Ash dalam Perang Shiffin ( 37H / 657 ).

Kaum khawarij menganggap bahwa nama kharaja yang terdapat dalam QS An nisa’ ayat 100 yang merunjuk pada seseorang yang keluar dari rumahnya untuk hijrah di jalan Allah dan Rosulnya.

وَمَنْ يُهَاجِرْ فِي سَبِيلِ اللَّهِ يَجِدْ فِي الْأَرْضِ مُرَاغَمًا كَثِيرًا وَسَعَةً ۚ وَمَنْ يَخْرُجْ مِنْ بَيْتِهِ مُهَاجِرًا إِلَى اللَّهِ وَرَسُولِهِ ثُمَّ

يُدْرِكْهُ الْمَوْتُ فَقَدْ وَقَعَ أَجْرُهُ عَلَى اللَّهِ ۗ وَكَانَ اللَّهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Barangsiapa berhijrah di jalan Allah, niscaya mereka mendapati di muka bumi ini tempat hijrah yang luas dan rezeki yang banyak. Barangsiapa keluar dari rumahnya dengan maksud berhijrah kepada Allah dan Rasul-Nya, kemudian kematian menimpanya (sebelum sampai ke tempat yang dituju), maka sungguh telah tetap pahalanya di sisi Allah. Dan adalah Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. Dapat disimpulkan bahwa pokok pikiran dari aliran al khawarij ini adalah sebagai berikut :

  1. Orang Islam yang melakukan dosa besar adalah termasuk Kafir;
  2. Orang yang terlibat dalam perang jamal yakni perang antara Ali dan Aisyah dan pelaku arbitrase antara Ali dan Mua’awiyyah dihukum kafir, dan
  3. Khalifah menurut mereka tidak harus keturunan Nabi dan suku qurais
  4. Aliran Mur’jiah

Kata murji’ah dari kata bahasa Arab arja’a, yarji’u yang berarti menunda atau menangguhkan. Aliran ini disebut murji’ah karena dalam prinsipnya mereka menunda penyelesaian persoalan konflik politik antara Ali bin Abi thalib, Mu’awiyah bin Abi sufyan, dan khawarij ke hari perhitungan di akhirat nanti. Murji’ah muncul sebagai aliran setelah terjadinya peristiwa takhmin, bersama sama dengan khawarij, tetapi mereka menyatakan mengundurkan diri dari barisan perang siffin . Murji’ah memiliki 4 ajaran pokok:

  1. Menunda hukuman atas Ali, Muawiyyah, Amr bin Ash dan Abu musa  AL Asy’ari yang terlibat dalam takhmin dan menyerahkannya kepada Allah di  hari kiamat kelak.
  2. Menyerahkan keputusan kepada Allah atas orang muslim yang berdosa besar
  3. Meletakkan(pentingnya) imam dari awal
  4. Memberikan pengharapan kepada muslim yang berdosa untuk memperoleh ampunan dan rahmat Allah.
  5. Aliran syi’ah

Syi’ah berasal dalam bahasa Arab, yang menurut etimonoligi artinya pembela dan pengikut seseorang dan juga bermakna kaum yang berkumpul di atas suatu perkara. Syi’ah didirikan oleh pendukung setia Ali bin Abi thalib setelah terjadi peristiwa Tahkim, muslim syi’ah yaitu orang yang percaya bahwa keluarga Muhammad(para imam syi’ah) berpendapat bahwa Ali bin Abi thalib adalah penerus kekhalifahan setelah Nabi Muhammad.

  1. Tauhid yaitu Allah itu maha esa
  2. Al Adl bahwa Allah itu Maha adil
  3. An Nubuwwah yaitu menyakini para nabi sebagai pembawa berita dari tuhan kepada umat manusia

 

Sumber :

https://aziritt.net/mengenal-esim-kartu-sim-di-google-pixel-2/