Parameter Utama Populasi adalah (Prayogi, 2011)

Parameter Utama Populasi adalah (Prayogi, 2011)

  1. Natalitas

Merupakan kemampuan populasi untuk bertambah atau ntukmeningkatkan jumlahnya, melalui produsi individu baru yang dilahirkan atau ditetaskan dari teliu melalui aktifitas perkembangan. Laju natalitas: jumlah individu baru per individu atau per betina per satuan waktu. Ada dua aspek yang berkaitan dengan natalitas ini antara lain :

  1. Fertilitas, tingkat kinerja perkembangbiakan yang direalisasikan dalm populasi, dan tinggi rendahnya aspek ini diukur dari jumlah telur yang di ovovivarkan atau jumlah anak yang dilahirkan.
  2. Fekunditas, tingkat kinerja potensial populasi itu untuk menghasilkan individu baru.
  3. Mortalitas

Menunjukkan kematian individu dalam populasi. Juga dapat dibedakan dalam dua jenis yakni:

  1. mortalitas ekologik = mortalitas yang direalisasikan yakni,matinya individu dibawah kondisi lingkungan tertentu.
  2. mortalitas minimum(teoritis), yakni matinya individu dalam kondisi lingkungan yang ideal, optimum dan mati semata- mata karena usia tua.
  3. Emigrasi, imigrasi dan migrasi

Ketiga istilah diatas bersangkut paut dengan perpindahan.

  1. Emigrasi : perpindahan keluar dari area suatu populasi.
  2. Imigrasi : perpindahan masuk ke dalam suatu area populasi dan  mengakibatkan meningkatkan kerapatan
  3. Migrasi : menyangkut perpindahan (gerakan) periodik berangkat dan kembali dari populasi.

Dalam mengkaji pertumbuhan populasi, beberapa hal yang perlu diperhatikan adalah dalam lingkaran hidup dari organisme terdapat fase lahir, pertumbuhan, dewasa, tua dan kemudian mati. Dalam ekologi Boden Heimer (1938) membagi umur hewan dalam tiga periode, yaitu fase preduktif, dimana hewan mengalami pertumbuhan yang cepat tetapi belum mampu berproduksi, fase reproduksi, dimana hewan mampu bereproduksi, fase post reproduksi, dimana hewan tidak mampu lagi bereproduksi yaitu pada umur tua. Dengan demikian struktur umur/ratio umur dalam suatu populasi dapat menunjukkan suatu populasi apakah sedang mengalami pertumbuhan yang cepat, stabil, atau sedang mengalami penurunan (Setiadi, 1989).

Sumber :

https://lakonlokal.id/medsos-sudah-seperti-dunia-nyata-harus-ada-aturan/