Pengertian Hulahop

Pengertian Hulahop

Permainan Hulahop adalah mainan berbentuk yang berputar di sekitar pinggang, tungkai atau leher. Hulahop untuk anak-anak umumnya berukuran diameter sekitar 28 inci, dan untuk orang-orang dewasa sekitar 80 inci. Bahan tradisional pembuat hulahop ini biasanya adalah semak dedalu, rotan, ranting anggur dan rerumputan kaku. Sekarang biasanya terbuat dari pipa plastik.

Sejarah Hulahop

Abad ke-14 Inggris

Hoops populer di Inggris pada abad ke-14 sebagai bentuk rekreasi dan upacara keagamaan. Catatan medis dari era catatan dokter mengobati punggung terkilir dan serangan jantung yang dikaitkan dengan hoop. Istilah “hula hoop” berasal dari pelaut Inggris yang pernah melihat hula menari di Kepulauan Hawaii dan menganggapnya mirip dengan gerakan mundur ke belakang. Hooping kembali populer di Inggris pada tahun 1800 dimana anak-anak akan memutar hula hoop dengan tongkat atau memutar hula hoop di pinggang mereka.

Konon menurut penelitian para ahli hulahop adalah permainan anak-anak yang sudah berasal dari ribuan tahun yang lalu. Anak-anak yang berasal dari Mesir kuno bahkan dari Yunani kuno telah bermain dengan menggunakan hulahop sejak 3000 tahun yang lalu. Suku Indian di Amerika juga telah memakai hulahop sebagai permainan anak-anak yang dapat menguji ketepatan memanah dan menombak sasaran. Pada kemudian hari, hulahop mulai banyak digunakan oleh orang dewasa untuk menjaga tubuh agar selalu bugar. Hulahop terdiri dari kata hula yang berasal dari para pelaut yang mengunjungi Hawaii. Pemakaian kata hula dikarenakan para pelaut itu melihat bahwa terdapat kesamaan dari tarian hula-hula yang berasal dari Hawaii dengan cara bermain hulahop sendiri.

Pada awalnya hulahop dibuat dari rotan atau kayu. Karena adanya perkembangan jaman, pada tahun 1957, dibuatlah hulahop pertama yang terbuat dari plastik. Hulahop jenis ini banyak disukai dan langsung sukses bahkan hanya dalam beberapa bulan saja hulahop dari plastik ini dapat terjual hingga 100 juta buah.

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/usaha-barbershop/