Globalisasi dalam bidang politik

Globalisasi dalam bidang politik

Globalisasi dalam bidang politik

Damapak globalisasi dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara

Pengertian globalisasi :

Globalisasi adalah proses yang mendunia.

Era globalisasi dewasa ini sudah menjadi kenyataan yang harus dihadapi oleh setiap bangsa dan Negara, tidak terkuali indinesia. Proses interaksi dan saling memengaruhi, bahkan bergesakan kepentingan antar Negara terjadi dengan cepat dan mencangkup masalah yang semakin kompleks. Batas-batas territorial tidak lagi menjadi pembatas bagi kepentingan masing-masing bangsa, misalnya pada bidang politik tampak bahwa demokrasi dan HAM dijadikan landasan oleh dunia internasional untuk menentukan apakah Negara tersebut dinilai beradap atau tidak

Pentingnya globalisasi bagi bangsa Indonesia

 

Sebagai anggota masyarakat dunia Indonesia tidak dapat atau tidak akan mengisolasi diri dari pergaulan internasional. Andai kata isolasi diri itu terjadi sudah pasti Indonesia tidak akan mampu memenuhi kebutuhannya sendiri. Bagi bangsa Indonesia globalisasi memiliki arti penting apalagi Negara Indonesia adalah Negara yang sedang membangun, yaitu dengan cara mengambil manfaat dari kemajuan yang telah dicapai oleh bangsa atau Negara lain untuk diterapkan di Indonesia.

    Sudah barang tentu tidak semua kemajuan yang dialami bangsa lain kita ambil dan kita tiru. Bangsa indonesai hanya mengambil kemajuan dari sisi positivnya saja. Untuk itu nilai-nilai pancasila hurus kita gunakan sebagai  penyaring dari nilai yang diambil, karena nilai pancasila sesuai dengan situasi dan kondisi Negara Indonesia. Pancasila bersumber dari agama dan adat istiadat yang digali dari bumi Indonesia.

Ada berbagai bidang yang telah terkena era globalisasi, contohnya dalam bidang politik.

Politik luar negeri dalam hubungan internasional  di era globalisasi.

Arti politik luar negeri :

Taukah kalian apa yang hendak diperjuangkan atau di pertahankan oleh suatu Negara dalam porum internasional ?

Jawabanya tidak lain adalah kepentingan nasional. Contoh : pengiriman tenega kerja Indonesia ( TKI ) dan tenaga kerja wanita ( TKW ) keluar negeri.

Pengiriman mereka adalah dalam rangka mengurangi  pengangguran dan mengasilkan devisa bagi Indonesia. Untuk itu dalam rangka mewujudkan kepentingan nasional harus ada kerjasama dengan Negara lain atau Negara dimana TKI dan TKW di kirimkan. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa kepentingan nasional merupakan kunci dari politik luar negeri.

Pengertian polotik luar negeri :

Apakah politik luar negeri itu ? secara sederhana politik luar negeri dapat di artikan sebagai skema atau pola dari cara atau tujuan secara terbuka atau tersembunyi dalam aksi Negara tertentu berhadapan dengan Negara lain.

Politik luar negeri adalah strategi dan taktik yang digunakan oleh suatu Negara dalam hubungannya dengan Negara lain. Dalam arti luas politik luer negri adalah pola prilaku yang digunakan oleh suatu Negara dalam hubungannya dengan Negara lain.

Pelaksaan politik luar negeri diawali oleh penetapan kebijakan dan keputusan dengan pertimbangan yang didasarkan pada factor-faktor  nasional yang sebagai factor internal dan factor internasional sebagai factor eksternal.

Politik luar negeri  republic Indonesia

  • Dasar hukum

Dasar hukum pelaksaan politik luar negeri republic Indonesia tergamberkan jelas didalam pembukaan UUD 1945 alinea 1 dan alinea 4. Alinea 1 menyatakan bahwa kemerdekaan adalah hak segala bangsa dan oleh sebab itu maka penjajahan diatas dunia harus di hapuskan kerna tidak sesuai dengan peri kemanusiaan dan peri keadilan

            Selanjutnya pada alinea ke empat di nyatakam bahwa ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan social. Dari penjelasan di atas jelaslah bahwa politik luar negeri  RI mempunyai landasan atau dasar hukum yang sangat kuat, karna diatur dalam pembukaan UUD 194.

  • Sejarah kelahiran politik luar negeri republic Indonesia yang bebas aktif.

Peristiwa internasional yang terjadi meletusnya perang dunia II yang terjadi  di Asia dikenal dengan sebutan perang Asia Timur Raya/perang pasifik . awalnya perang ini di menangkan oleh pihak jepang. Angkatan perang amerika serilat berhasil menggulung angkatan perang japang. Angkatan perang amerika  serikat membom kota-kota jepang, akhirnya pada tanggal 15 agustus 1945 jepang menyerah tanpa syarat kpda skutu. Pada tanggal 17 agustus 1945  bangsa Indonesia menyatakan diri merdeka.

            Bagi pemerintah indonesia pada awal kemerdekaan memang akan sulit. Perkembangan selanjutnya pemerintah Republik Indonesia menghadapi berbagai kesulitan. Perundingan dengan pemerintahan belanda yang dihadiri komisi tiga negara ( KTN ) dari PBB terputus karena belanda menolak usul CRITHCLY DUBOIS.

  • Pengertian politik bebas aktif Republik indonesia sebagaimana yang telah diuraikan terdahulu rumusan yang ada pada alinea dan alinea IV pada pembukaan UUD 1945 merupakan dasar hukum yang sengat kuat bagi politaik luar negeri Republik indonesia. Namun dari rumusan tersebut, kita belum mendapat gambaran mengenai makna politik luar negeri yang bebas aktif. Karena itu dalam rumusan ini akan dikutit beberapa pendapat mengenai pengertian politik bebas dan aktif.
  1. W.A.Wijaya merumuskan : bebas berarti tadak terikat oleh suatu ideologi/politik negara asing/blok negara negara tertentu/adi kuasa (super power). Aktif artinya sumbangan realistis giat mengembangkan kebebasan, persahabatan dan kerjasama internasional dengan menghormati kedaulatan negara lain.
  2. Sementara itu Mocthar kusumaatmaja merumuskan bebas dan aktif sebagai berikut :

Bebas : dalam pengertian  bahwa Indonesia tidak memihak pada kekuatan yang pada

             dasrnya tidak sesuai dengan kepribadian bangsa sebagai mana dicerminkan dalam

             pancasila

Aktif : berarti bahwa didalam menjalankan kebijaksanaan luar negerinya, Indonesia tidak

            bersifat pasif-reaktif atas keadilan kejadian internasionalnya,melainkan bersifat aktif

  1. B.A.urbani merumuskan bebas aktif sebagai berikut :

Bebas : perkataan bebas dalam politik bebas dalam politik bebas aktif tersebut mengalir dari

              Kalimat yang tercantum dalam pembukaan UUD 1945 “supaya berkehidupan

              kebangsaan yang bebas, jadi menurut pengertian ini, dapat diberi definisi sebagai

              “berkebebasan politik untuk menentukan dan menyatakan pendapat sendiri

              terhadap tiap-tiap persoalan internasional sesuai dengan nilainya masing-masing

              tanpa apriori memihak pada suatu blok

                        Tujuan Politik Luar Negeri Republik Indonesia

Di dalam dokumen yang berhasil di susun oleh pemerintah yang dituangkan didalam rencana strategi politik luar negeri Republik Indonesia (1984-1989) antara lain dinyatakan bahwa politik luar negeri suatu negara hakekatnya merupakan salah satu sarana mencapai  kepentingan nasioanal, sedangkan di indonesia jika dicermati, rumusan pokok kepentingan nasional itu dapat dicari dalam alinea IV pembukaan UUD  1945 yaitu bahwa Indonesia dimaanfaatkan untuk membentuk suatu pemerintahan Negara Indonesia yang menyelengarakan empat fungsi, sebagai berikut :

1.)    Fungsi hankam :  dalam hal ini adalah melindungi segenap bangsa dan seluruh

                                tumpah darah indonesia.

2.)    Fungsi Ekonomi : yaitu memajukan kesejahteraan umum

3.)    Fungsi Sosial,budaya : yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa

4.)    Fungsi Politik : yaitu ikut melaksanakan ketertiban dunia berdasarkan kemerdekaan

                           perdamaian abadi dan  sosial

  • Dampak Globalisasi dalam politik

Dalam bidang politik dampak globalisasi antara lain, perubahan sistem kepartaian yang dianut sehingga memunculkan adanya partai baru, kesadaran akan perlunya jaminan perlindungan hak asasi manusia (HAM) terjadinya perubahan sistem ketatanegaraan, pelaksanaan pemilihan umum untuk anggota-anggota parlemen, pemilihan presiden dan wapres, pemilihan gubernur dan wagub, serta pemilihan bupati dan wabub yang dilakukan secara langsung.


Sumber: https://blog.fe-saburai.ac.id/gb-whatsapp-apk/