Kamu Pengguna Vape? Simak, Kandungan Vape dan Dampaknya Bagi Tubuhmu!

Kamu Pengguna Vape? Simak, Kandungan Vape dan Dampaknya Bagi Tubuhmu!

 

Kamu Pengguna Vape Simak, Kandungan Vape dan Dampaknya Bagi Tubuhmu!
Kamu Pengguna Vape Simak, Kandungan Vape dan Dampaknya Bagi Tubuhmu!

Kamu Pengguna Vape? Simak, Kandungan Vape dan Dampaknya Bagi Tubuhmu! – Beberapa tahun belakangan, rokok elektrik atau vape semakin populer dan banyak digandrungi oleh semua kalangan hingga saat ini. Ada yang mengatakan bahwa rokok elektrik jauh lebih kekinian dan ada juga yang menyebut bahwa vape jauh lebih aman ketimbang rokok tembakau. Tapi, hingga saat ini pro kontra soal ini masih menjadi perdebatan. Rokok elektrik atau vape dianggap lebih aman sebab tidak mempunyai kandungan tembakau.

Penilaian masyarakat pun berhasil mengubah gaya hidup banyak orang dan beralih menggunakan rokok elektrik. Karena, dipercaya dapat menghindari risiko penyakit paru-paru, jantung, kanker dan penyakit akibat rokok tembakau lainnya. Sedikit informasi, rokok elektrik adalah alat yang menggunakan baterai untuk menyalakan dan penggunaannya sama seperti rokok tembakau. Namun, apakah persepsian tersebut sudah valid? Yuk, simak selengkapnya di sini!

Definisi Tentang Vape

Kamu Pengguna Vape? Simak, Kandungan Vape dan Dampaknya Bagi Tubuhmu!
Image Source: pinterest.com

Sebelum membahas tentang kandungan dan dampak vape bagi tubuh, kenali terlebih dahulu apa itu vape. Vape atau rokok elektrik adalah alat penghantar nikotin elektrik. Rokok elektrik ini sebenarnya dirancang khusus bagi para perokok aktif yang ingin berhenti dari kebiasaan merokok. Dan dengan beralih ke rokok elektrik diharapkan para perokok tersebut bisa belajar untuk berhenti.
Baca Juga:

Laptop 5 Jutaan SSD Yang Perlu Kamu Tahu
5 Mouse Gaming Macro Terbaik Terbaru yang Cocok buat Kamu!
5 Tips Ini Bisa Bikin Power Bank Kamu Lebih Awet Tahan Lama

Vape memiliki komponen yang terdiri dari elemen pemanas, baterai dan juga tabung yang berisi cairan atau cartridge. Pada cartridge inilah gliserin, perasa dan nikotin berada. Vape bekerja dengan cara memanaskan cairan pada komponen cartridge sehingga menghasilkan uap yang berupa asap. Setelah itu, pengguna pun bisa menghisapnya dari bagian corongnya langsung.

Kandungan Pada Vape

Kamu Pengguna Vape? Simak, Kandungan Vape dan Dampaknya Bagi Tubuhmu!
Image Source: pinterest.com

Meskipun tidak mengandung tembakau, tapi terdapat kandungan lain yang juga dapat ditemukan dalam vape dan faktanya dapat memicu penyakit. Kandungan yang dimiliki vape terdapat pada bagian cartridge yang diantaranya nikotin, perasa dan gliserin. Untuk mengetahui apakah kandungan-kandungan tersebut aman, simak penjelasanya berikut ini:

Nikotin merupakan kandungan utama pada rokok. Karena zat inilah yang mengakibatkan perokok menjadi kecanduan dan sulit berhenti. Di dalam vape, kandungan nikotin ini memiliki kadar yang berbeda mulai dari 0 hingga 100 mg/ml.
Perasa memiliki banyak pilihan yang dapat dijumpai di toko jual vape seperti coklat, vanila, buah-buahan, bubble gum dan lain sebagainnya. Setiap jenis rasa tentunya memberikan sensasi yang sangat unik.
Gliserin atau propilen berguna untuk menghasilkan uap air. Dampak dari kandungan ini adalah dapat menyebabkan iritasi pada bagian saluran pernafasan seseorang. Tentunya tidak sehat bagi mereka yang menghirupnya.
Ada juga komponen lainnya yang terdapat di rokok elektronik ini, yaitu TSNA. Nah, senyawa ini bersifat karsinogenik dan dapat ditemukan juga di rokok tembakau. Selain itu, terdapat pula senyawa logam dan nitrosamin pada vape.

Dampak Vape Bagi Tubuh

Kamu Pengguna Vape? Simak, Kandungan Vape dan Dampaknya Bagi Tubuhmu!
Image Source: pinterest.com

Meskipun banyak yang beranggapan bahwa rokok elektrik aman untuk tubuh, tapi nyatanya tidak selaras dengan hasil penelitian. Karena menurut data yang didapat CDC Amerika Serikat, terdapat fakta yang mengejutkan berikut ini:

Faktanya, nikotin yang dihasilkan vape bisa diserap sepenuhnya oleh seluruh tubuh baik perokok aktif maupun pasif.

Bagi para perokok usia muda, dikhawatirkan nikotin yang didapatkan akan mempengaruhi perkembangan pada otaknya.
Nikotin berbahaya sekali bagi kesehatan wanita hamil dan juga kandungannya. Maka dari itu, hindari paparan yang terdapat di nikotin dari vape tersebut.
Vape identik dengan uap asap yang mengepul banyak. Tapi tahukah kamu, kalau uap ini bukanlah uap air melainkan uap nikotin. Kamu pastinya tahu betul tentang bahayanya nikotin bagi tubuh, yaitu merusak paru-paru hingga menyebabkan terjadinya kanker paru-paru.
Kandungan bahan kimia lainnya yang terdapat pada vape adalah senyawa organik dan logam yang memang cenderung lebih rendah daripada rokok tembakau. Tapi, besar kandungan yang dimilikinya tetaplah berbahaya bagi kesehatan.

Secara keseluruhan, jelas bahwa kandungan pada vape dan juga rokok tembakau sama-sama bahayanya bagi tubuh. Jadi, jika tidak ingin menanggung konsekuensinya lebih baik segera hentikan kebiasaan merokok mulai dari sekarang.

Sumber:

https://www.ram.co.id/tukangkonten-com/