Cara Mengaktifkan Fitur HDR pada Windows 10

Cara Mengaktifkan Fitur HDR pada Windows 10

 

vCara Mengaktifkan Fitur HDR pada Windows 10
vCara Mengaktifkan Fitur HDR pada Windows 10

HDR atau High Dynamic Range merupakan fitur yang memungkinkan perangkat digital atau TV, yang kompatibel

dengan HDR, menampilkan gambar lebih cerah, hidup dan detail.

Fitur ini telah hadir pada sistem operasi Windows 10 dengan pembaruan terkini yang menyederhanakan proses untuk mengaktifkannya. Dengan begitu, pengguna dapat mendapatkan tampilan game dan video berkualitas 4K.

Kualitas HDR yang dihasilkan pun akan jauh lebih baik jika komputer Windows dihubungkan ke layar eksternal atau TV yang juga mendukung teknologi tersebut.

Apalagi jika pengguna menghubungkan komputer Windows ke layar eksternal dengan memakai kabel penghubung DisplayPort 1.4, atau setidaknya menggunakan kabel HDMI 2.0 dan/atau USB Type C.

Jika komputer dan perangkat layar atau TV yang terhubung sudah kompatibel, pengguna hanya perlu melakukan sejumlah pengaturan yang dapat dilakukan sebagaimana tata cara berikut ini.

1. Klik tombol Start, lalu pilih Settings (Pengaturan) > System > Display

2. Jika Anda menghubungkan beberapa layar, pilih Select and rearrange displays.
3. Kemudian, klik Windows HD Color Settings
4. Di bawah tulisan Display capabilities, pilih Yes pada pilihan Play HDR games and apps
5. Nyalakan fitur Play HDR games and apps.

Fitur ini juga dapat diaktifkan pada perangkat laptop yang memiliki sistem operasi Windows 10. Pengguna tak perlu menyambungkan ke layar eksternal, tapi harus dipastikan bahwa laptop beresolusi setidaknya 1080p dan memiliki kecerahan maksimal 300 nits atau lebih.

Perangkat juga harus memiliki kartu grafis yang mendukung PlayReady 3.0 dan kemampuan decoding 10-bit, yang biasanya sudah ditemukan pada perangkat keluaran tahun 2017 ke atas.

Selain itu, HDR juga membutuhkan daya yang lebih besar dari pada biasanya. Makanya, penggunaan fitur HDR dapat menguras masa pakai baterai laptop secara lebih cepat.

Oleh karena itu, Windows 10 memiliki pengaturan otomatis yang memungkinkan fitur tersebut hanya akan menyala

jika perangkat laptop tersambung dengan pengisi daya dan sebaliknya.

Akan tetapi, pengguna juga bisa menyesuaikan pengaturan secara manual yang sesuai dengan keinginan tanpa perlu menyambungkan pengisi daya ketika HDR diaktifkan

Sumber:

https://blog.fe-saburai.ac.id/seva-mobil-bekas/