Mulai Kembangkan Robot Mirip Manusia

Mulai Kembangkan Robot Mirip Manusia

Mulai Kembangkan Robot Mirip Manusia

Kampus-kampus di dalam negeri terus mengembangkan teknik pembuatan robot

yang memiliki gerakan natural seperti manusia (human-like robot). Salah satunya dilakukan Syamsiar Kautsar, dosen program studi teknik otomasi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya (PPNS). Saat Syamsiar menggerakkan lengannya, robot yang didesain mirip manusia itu juga menggerakkan lengan seperti yang dilakukan Syamsiar.
Robot-PPNS
ARYA DHITYA/JAWA POS

INOVASI: M. Syamsul Arifin (kiri) & Syamsiar kautsar (kanan)
mendemonstrasikan robot di PPNS Surabaya. Robot itu akan
dikembangkan untuk menangani tugas yang mungkin riskan.

Dosen muda berusia 25 tahun itu mengatakan, gerakan lengan Robot BuTO (Buatan Teknik Otomasi) tersebut berawal dari sensor kamera tiga dimensi (3D) Kinect. Kamera itu dilengkapi sensor yang menangkap gerakan manusia dengan area kerja 3 meter. ”Dari data kamera, didapat koordinat persendian, lalu diolah ke persamaan trigonometri, kemudian diperoleh sudut kerja motor penggerak lengan robot,” jelasnya.

Dari rumusan itu, lanjut Syamsiar, robot bisa menirukan gerakan

lengan manusia secara natural. Syamsiar menjelaskan, ada enam motor penggerak (servo) pada satu lengan robot. Yakni, 3 servo di bahu, 1 di siku, dan 2 di telapak tangan. ”Tiap sudut gerakan robot masih dibatasi 90 derajat,” terangnya. Gerakan lengan yang lebih dari 180 derajat belum bisa dilakukan.

Selain tangan yang bergerak mengikuti gerakan manusia,

robot itu dilengkapi roda omni. Roda yang dikendalikan joystick itu memungkinkan robot berjalan ke berbagai arah. ”Untuk awal, kami buat lengannya dulu. Kakinya pakai roda,” tambahnya.

 

Baca Juga :