Cara Menghapus Data Android yang Hilang Dengan Google Find My Device

Cara Menghapus Data Android yang Hilang Dengan Google Find My Device

 

Cara Menghapus Data Android yang Hilang Dengan Google Find My Device
Cara Menghapus Data Android yang Hilang Dengan Google Find My Device

Kamu baru saja kehilangan smartphone android? Dan kamu tidak rela jika orang yang menemukannya sampai mengakses dan melihat data-data penting di smartphone kamu tersebut? Tenang saja, karena kamu bisa memanfaatkan Google Find My Device untuk melacak, mengunci, sampai dengan menghapus semua data di smartphone kesayangan kamu.

Untuk asuk ke website “Google Find My Device”, kamu bisa mencarinya di Google dengan kata kunci “Find My Device” atau melalui link ini. Masuklah menggunakan akun Google yang sama seperti yang kamu gunakan di smartphone android.

Berikut ini adalah tampilan website “Find My Device”.

Seperti yang terlihat pada screenshot diatas, di bilah sisi sebelah kiri, kamu akan melihat deretan smartphone yang kamu miliki (jika smartphone kamu lebih dari satu. Kamu bisa memilih smartphone mana yang ingin kamu lacak keberadaannya. Di sisi kanan, kamu bisa melihat peta dan posisi smartphone kamu.

“Find My Device” bahkan bisa mengetahui sisa baterai yang ada di perangkat kamu. Sedangkan di bawahnya, terdapat tiga opsi yaitu:

– Putar suara
– Kunci
– Hapus

Berikut ini adalah penjelasan dari masing-masing opsi.

Putar suara

Opsi ini memungkinkan kamu untuk menyalakan nada dering di smartphone. Dengan ini kamu bisa mengetahui dimana lokasi perangkat kamu jika lupa menaruhnya. Opsi ini akan tetap bekerja walaupun smartphone sedang dalam mode senyap.

Kunci

Jika smartphone kamu hilang dalam keadaan tidak terkunci, maka opsi ini bisa kamu gunakan untuk mengunci

smartphone kamu agar orang yang menemukannya tidak bisa menggunakan perangkat tersebut.

Kamu bahkan bisa menampilkan pesan dan mencantumkan nomor telepon di smartphone kamu melalui opsi ini. Jadi orang yang menemukan smartphone kamu bisa menghubungi kamu, jika kamu beruntung yang menemukannya adalah orang baik.

Hapus

Kamu sudah mencoba memutar suara, namun ternyata smartphone kamu tidak berada disekitar. Kamu juga sudah mencoba mengunci dan menampilkan pesan, namun tidak ada yang menelepon. Maka pilihan terakhir adalah menghapus semua data smartphone kamu.

Opsi ketiga ini adalah pilihan terakhir jika tidak ada lagi yang bisa kamu lakukan untuk menemukan smartphone

kesayangan. Dengan mengklik opsi hapus, maka semua data mulai dari aplikasi hingga foto akan lenyap dari perangkat kamu.

Itu dia cara menghapus data smartphone android kamu yang hilang. Sangat disarankan untuk mengklik opsi putar suara terlebih dahulu. Siapa tahu kamu lupa menaruh smartphone dan ternyata masih ada di sekitar kamu.

Jika ternyata opsi pertama gagal, kamu bisa mengunci smartphone dan mengirimkannya pesan untuk menghubungi

kamu kepada siapapun yang menemukannya. Dan tunggu sampai ada yang menghubungi kamu.

Namun jika kedua opsi tersebut tidak membuahkan hasil, maka kamu harus merelakan smartphone kamu dan semua data-data didalamnya. Minimal, orang yang menemukan smartphone kamu tidak akan bisa melihat dan mengakses data-data kamu.

Sumber:

https://hon.co.id/aspek-kegiatan-konsumsi/