Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan individu

Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan individu

Aspek-aspek pertumbuhan dan perkembangan individu

Setiap individu hakikatnya akan mengalami pertumbuhan fisik dan perkembangan non fisik yang meliputi  aspek-aspek intelek, emosi, sosial, bahasa, bakat khusus, nilai dan moral, serta sikap.

  1. Pertumbuhan fisik

Pertumbuhan manusia merukan perubahan fisik menjadi lebih besar dan lebih panjang, dan prosesnya sejak anak belum lahir hingga ia dewasa.

  1. Pertumbuhan sebelum lahir

Masa sebelum lahir merupakan pertumbuhan dan perkembangan sanga kompeks karena pada masa itu merupakan awal terbentuknya organ-organ tubuh dan tersusunya jaringan saraf yang membentuk sistem lengkap.

  1. Pertumbuhan setelah lahir

Pertumbuhan fisik manusia setelah lahir merupaka kelanjutan perumbuhannya sebelum lahir. Proses pertumbuhan manusia berlangsung hingga dia dewasa. Pertumbuhan fisik secara langsung maupun tidak langsung mempengaruhi prilaku anak sehari-hari. Secara langsung pertumbuhan fisik seorang anak akan menentukan keterampilan anak dalam bergerak. Secara tidak langsung, pertumbuhan dan perkembangan fungsi fisik akan mempengaruhi bagaimana anak memandang  dirinya sendiri dan orang lain.

  1. Intelek

intelek atau daya pikir dipengaruhi oleh kemampuan otak yang mampu menunjukkan fungsinya secara baik.

  1. Emosi

Rasa dan perasaan merupakan salah satu potensi khusus yang dimiliki manusia, emosi merupakan gejala perasaan disertai dengan perubahan prilaku fisik.

  1. Sosial

Manusia tidak dapat hidup sendiri dan memerlukan manusia lainnya. Akhirnya manusia mengenal kehidupan bersama atau berkehidupan sosial. 

  1. Bahasa

Fungsi bahasa adalah untuk berkomunikasi. Setiap manusia cenderung berkomunikasi dengan dunia sekitanya. Pengetian bahasa sebagai alat komunikasi dapat diartikan sebagai tanda, gerak, dan suara untuk menyampaikan isi pikiran kepada orang lain.

  1. Bakal khusus

Bakat merupakan kemampuan tertentu atau khusus yang dimiliki oleh seoranng individu yang hanya sedikit rangsangan atau latihan kemampuan itu telah berkembang dengan baik.

  1. Sikap, nilai dan moral

Bloom mengemukakan bahwa tujuan akhir dari proses belajar dikelompokka menjadi tiga sasaran, yaiyu penguasaan pengetahuan (kognitif), penguasaan nilai dan sikap (afektif), dan penguasaan motorik.sikap, nilai dan moral  ditanamkan sejak anak-anak hingga ia mampu mengikuti berbagai ketentuan yang ada dalam masyaakat.


Baca Juga :