Counterpoint: Top 5 Brand Smartphone di Indonesia Q2 2019

Counterpoint: Top 5 Brand Smartphone di Indonesia Q2 2019

Counterpoint Top 5 Brand Smartphone di Indonesia Q2 2019
Counterpoint Top 5 Brand Smartphone di Indonesia Q2 2019

Memasuki Agustus, sejumlah lembaga riset mulai mengeluarkan laporan terbaru.

Khusus di pasar ponsel, perusahaan analisis industri global Counterpoint baru saja merilis laporan angka penjualan smartphone di Indonesia.

Menurut laporan Counterpoint, penjualan smartphone di Indonesia tumbuh 6% year-on-year (YoY) selama Q2 2019 didorong oleh promosi selama Bulan Ramadan baik di saluran online dan offline.

Selama periode tiga bulan April hingga Juni 2019, lima vendor teratas di Indonesia menurut Counterpoint adalah Samsung (27%), Xiaomi (21%), Oppo (17%), Vivo (9%) dan Realme (8%).

Samsung masih menjadi jawara di tanah air. Dibandingkan periode sama tahun lalu, pangsa pasar vendor Korea Selatan itu hanya menciut 1 poin.

Bertolak belakang dari jawara, sang penantang dari China Xiaomi

malah naik 2 poin dibandingkan kuartal kedua tahun 2018.

Sementara Oppo masih bertengger di posisi sama dengan raihan pasar yang juga sama. Kemudian ada Vivo yang meski berada di peringkat sama (#4) namun marketnya memuai 3 poin.

Secara mengejutkan, merek baru Realme berhasil menjadi Top 5 brand smartphone di Indonesia dengan raihan pangsa pasar 8%, menjadikannya berada di jajaran lima besar merek smartphone dalam waktu kurang dari satu tahun.

Josef Wang, Marketing Director Realme SEA mengatakan, “Ini adalah hasil yang sangat menggembirakan bagi kami, karena kerja keras kami dalam waktu kurang dari setahun di Indonesia membuahkan hasil yang manis. Tidak mudah bagi kami untuk mencapai Top 5 brand smartphone di Indonesia, perlu penelitian yang sangat intensif untuk mengetahui kebutuhan anak muda Indonesia dari sebuah smartphone dan semangat “Dare to Leap” kami dalam menghadirkan smartphone yang penuh inovasi, memiliki teknologi terbaru, desain elegan dan harga terjangkau pada saat bersamaan.”

Mengomentari hasil laporan Counterpoint, Parv Sharma, Counterpoint Research

Analyst mengatakan, merek smartphone Tiongkok adalah alasan bertumbuhnya pasar smartphone di Indonesia. Empat dari lima merek smartphone teratas berasal dari Tiongkok. Pangsa pasar gabungan mereka lebih dari 55%. Realme, merek smartphone yang diluncurkan di Indonesia pada Q4 2018, menunjukkan pertumbuhan yang mengesankan dengan strategi harga yang agresif.

“Dalam tiga kuartal, Realme telah meraih pangsa pasar 8%, sehingga mendapatkan urutan ke lima brand smartphone berdasarkan volume. Portofolio Realme yang lebih ramping dengan fokus penjualan online yang agresif dan proposisi value for money telah membantunya mendapatkan pangsa pasar dalam waktu singkat. Namun, Realme juga memperluas pangsanya di segmen offline untuk tumbuh lebih lanjut,” papar Parv Sharma.

 

Sumber :

https://dunebuggyforsale.org/