ORGANISASI PROYEK DOISP

Table of Contents

ORGANISASI PROYEK DOISP

ORGANISASI PROYEK DOISP
ORGANISASI PROYEK DOISP

Pelaksanaan Proyek

Perhatian khusus perlu diberikan dalam pengelolaan bendungan yang dibagi menjadi kewenangan pusat dan provinsi. Karena dibutuhkan pengendalian program yang terpadu diantara tingkat pemerintahan tersebut, baik yang menjadi kewenangan asli pusat, kewenangan asli provinsi maupun yang merupakan Tugas Pembantuan Pemerintah Pusat.

Untuk melaksanakan program DOISP dengan lingkup peningkatan kemampuan yang sangat komprehensif terebut dibutuhkan organisasi pengelola proyek di tingkat pusat dan provinsi yang dapat menciptakan mekanisme disetiap tingkat pemerintahan maupun mekanisme konsultasi antara instansi pusat dengan instansi terkait di provinsi agar program DOISP dapat dilaksanakan secara transparan dan akuntabilitasnya dapat dipertanggungjawabkan.

Kerangka kelembagaan untuk pelaksanaan Proyek DOISP disusun berdasarkan proyek nasional dimana dana proyek (baik dana pinjaman dan dana pendamping) hanya menggunakan dana APBN Sektor Pengairan yang disalurkan ke daerah melalui pengaturan hibah atau on-granting dari Pemerintah.

Pengawasan seluruh kebijakan akan dilaksanakan oleh NCWR – National Water Resources Streering Committe (Tim Pengarah Sumber Daya Air) yang berkedudukan di Bappenas, yang terdiri dari para pejabat Eselon I yang mewakili kementerian terkait dan diketuai oleh Deputi Bidang Sarana dan Prasarana Bappenas. Untuk koordinasi sehari-hari NSCWR dibantu oleh Sekretariat NSCWR.

Instansi pelaksana DOISP adalah Direktorat Jenderal Sumber Daya Air Kementerian Pekerjaan Umum, Balai Bendungan, Puslitbang Air, Dinas PUP Provinsi, Balai PSDA dan Balai Besar Wilayah Sungai/Balai Wilayah Sungai.

Project Management Unit (PMU)

Untuk melaksanakan koordinasi pengelolaan secara umum, sistim keuangan, perencanaan dan pengawasan kegiatan para instansi pelaksana di tingkat pusat dan provinsi dibentuk CPMU – Central Project Management Unit (Unit Manajemen Proyek Tingkat Pusat) di Jakarta yang berkedudukan di Direktorat Sungai Danau dan Waduk (Sundawa) Ditjen SDA dan dibantu oleh Sekretariat CPMU. CPMU akan didampingi oleh Technical Assistance Team – 1 yang akan membantu dalam lingkup General Management, dan Financial Management System.

Sumber : http://alprostadil-mx.info/best-universities-for-education-degrees-2019/