MEMILIH SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

9 TIPS MEMILIH SEKOLAH ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS

Memilih sekolah anak berkebutuhan khusus memerlukan perhatian ekstra. Anak penyandang cacat memerlukan kurikulum dan penanganan yang berbeda. Di samping itu, opsi sekolah kini pelbagai seperti sekolah swasta atau negeri, kurikulum reguler atau kurikulum sekolah, dan edukasi formal atau informal laksana yayasan atau lembaga yang berbasis nasional.

Sebelum menyimpulkan sekolah PAUD, TK, atau SD guna anak difabel, usahakan kita mempertimbangkan hal-hal di bawah ini:

Kunjungi sekolahnya
Terdapat sekolah spektakuler atau sekolah inklusi yang bisa melayani anak Anda. Dengan mengunjungi sekolahnya, Anda dapat melihat apakah guru dan staf sekolah menunjukkan perilaku peduli atau tidak pada anak.

Saat berangjangsana ke sekolah, bawa daftar yang mengandung pertanyaan. kita tidak butuh merasa tidak enak bertanya tidak sedikit hal, karena tersebut wajar. Kumpulan pertanyaan akan menciptakan Anda tetap sedang di berada di dalam jalur.

Amati murid di dalam satu atau dua ruang belajar dan lihat bagaimana mereka berinteraksi dengan guru dan staf. Lalu bayangkan apakah anak kita bisa sukses di lingkungan ruang belajar tersebut atau tidak.

Jangan fobia untuk bertanya
Tanya bagaimana pendekatan guru terhadap pendidikan. Misalnya, andai Anda berkata dengan guru spesialis membaca, tanya cara atau pendekatannya dan tanya bagaimana teknik mereka menghadapi anak Anda.

Di samping itu, tanya apakah ada rekan sebaya yang dapat membantu anak di sekolah. Tanya juga kegiatan dan acara di sekolah laksana konser, asembli, ekstakulikuler, olahraga, dan lainya.

Jadi pengamat yang baik
Lihat apakah murid di sana tampak bahagia atau tidak, apakah murid yang lebih tua dan murid yang lebih muda berinteraksi di ketika tertentu laksana saat santap siang. Apa saja poster-poster yang ditempel di dinding? Apakah keadaan sekolah terasa ramah dan hangat? Atau dingin dan kaku?

Diskusikan dengan guru mengenai perilaku anak Anda
Misalnya kita mempunyai anak hiperaktif yang susah untuk diam di kelas, tanyakan apakah keadaan di ruang belajar aman guna anak Anda. Cari tahu kepandaian atau ketentuan sekolah bagaimana menangani anak yang susah duduk di kursi.

Cari tahu andai ada ruang belajar intensif dan guru pendamping
Sekolah anak berkebutuhan khusus seringkali memiliki ruang belajar intensif tambahan, guru pendamping, serta rencana manajemen perilaku guna anak dengan disabilitas. Ini akan menolong anak tetap konsentrasi dan meminimalisir masalah perilaku. Anda bisa bertanya apa yang sekolah dapat dilakukan guna memperkuat perilaku positif anak.

Bawa anak kita ke sekolah andai memungkinkan
Menyaksikan anak Anda menyaksikan sekolah secara langsung dan memahami kesan kesatunya bakal menjadi keputusan yang penting untuk Anda. Ini akan menyerahkan Anda suatu perspektif baru. Perilaku anak bareng 20 anak beda di sekolah pasti akan bertolak belakang dengan perilaku anak di rumah.

Ini pun penting untuk memahami bagaimana staf sekolah dan anak kita berinteraksi ketika Anda berkunjung. Lihat bagaimana mereka berkata dengan anak kita dan anak lainnya.

Tanyakan apakah sekolah mempunyai program layanan atau sokongan untuk keluarga
Anak berkebutuhan khusus menyerahkan tantangan yang menarik untuk seluruh keluarga. Mendidik anak penyandang cacat tidak dapat dilakukan oleh sekolah saja, namun keluarga juga. Oleh sebab itu, penting untuk sekolah anak berkebutuhan eksklusif mempunyai program supaya keluarga tercebur dalam prosesnya.

Ketahui andai ada pertemuan rutin
Sekolah anak berkebutuhan khusus seringkali mempunyai program bertemu dengan orang tua masing-masing minggu atau masing-masing bulan. Anda mesti memahami apakah kita berkomunikasi dengan satu orang saja atau sejumlah orang. Di samping itu, ketahui media komunikasi yang digunakan, laksana buku, telepon, atau media lainnya.

Ambil pendekatan edukasi yang memperkuat keunggulan anak
Biasanya percakapan tentang anak berkebutuhan khusus melulu berkisar di kelemahan dan masalah saja. Padahal mereka pun punya keunggulan di bidang olahraga, seni, atau musik. Cari tahu apakah sekolah mempunyai program yang dapat memperkuat keunggulan anak kita atau tidak.

Pilih sekolah anak berkebutuhan eksklusif yang tepat bikin anak, bukan tepat untuk Anda. Anak akan menguras sebagaian besar waktunya di sekolah. Tentunya Anda hendak memberikan lingkungan yang nyaman dan suportif untuknya. Sumber : www.pelajaran.co.id