Mahasiswa Bikin Monopoli Khusus Penderita Kusta

Mahasiswa Bikin Monopoli Khusus Penderita Kusta

Mahasiswa Bikin Monopoli Khusus Penderita Kusta
Mahasiswa Bikin Monopoli Khusus Penderita Kusta

Tim mahasiswa Unair berhasil menemukan permainan khusus penderita kusta bernama Motif Kita Sehat

(Monopoli Edukatif Penyakit Kusta Berbasis Kesehatan). Paket permainan yang bersifat edukatif itu berhasil diterapkan pada penderita kusta di Desa Sumber Glagah, Kabupaten Mojokerto.

Materinya terkait tentang perawatan self care penyakit kusta. Tim mahasiswa Unair yang terdiri dari Lidya Victorya Pandiangan, Widya Reghsa Febriyantoro, Magita Novita Sari, M Habib Hidayatulloh, dan Moch Yazid Abdul Zalalil Amin tersebut menuangkan ide mereka tersebut pada Program Kreativitas Mahasiswa bidang Pengabdian Masyarakat (PKMM), dan berhasil lolos dari penilaian Dikti, sehingga berhak atas dana hibah program PKM Kemenristekdikti tahun 2017.

Lidya Victorya Pandiangan memaparkan, permainan Motif Kita Sehat ini diperuntukkan bagi penderita kusta

dengan usia yang bervariasi, baik anak-anak hingga dewasa di RT 01 sampai RT 03 Desa Sumber Glagah, Kab. Mojokerto. Bentuk monopoli yang digunakan, pada dasarnya sama dengan permainan monopoli umumnya.

’’Bedanya hanya pada jenis bahan yang digunakan, materi yang disampaikan, dan sedikit perubahan mekanisme bermain.Jenis bahan monopoli ini, tim PKMM menggunakan bahan banner dengan ukuran 2 meter persegi, diisi kotak berjumlah 20 dengan rincian kotak start, masuk rumah sakit (mendapatkan makanan dan minuman yang sehat), bebas berobat (bebas memilih tempat selanjutnya), rumah sakit (harus melempar dadu 3 kali dengan angka yang sama), tantangan, ayo cerita dan 14 kotak materi pengetahuan,’’ paparnya.

Pada materi, dibagi menjadi tiga tingkatan. Yang pertama tentang pengetahuan penyakit kusta

. Kedua tentang sikap dan self care, dan materi ketiga tentang pengobatan MDT (Multi Drug Therapy).

Permainan ini dimainkan oleh 5 orang penderita kusta dan seorang sebagai mediator. Pada akhir permainan ada sesi pemberian reward kepada peserta yang telah menjawab pertanyaan, tantangan, dan Ayo Cerita dengan benar dan paling banyak.

Reward-nya berupa paket sembako, peralatan rumah tangga dan pakaian. Tim Unair juga mempercantik tampilan dalam permainan “Motif Kita Sehat” dan mudah untuk dibawa kemana-mana. Dalam paket ini terdapat banner ukuran 2 meter persegi, 5 bidak orang, 2 buah dadu,

buku panduan tentang perawatan self care penyakit kusta, tata cara bermain dan CD yang berisikan visualisasi cara bermain dan perawatan self care. Tim mahasiswa Unair juga membentuk kader yang bertujuan agar program ini dapat dilakukan secara berkelanjutan.

 

Sumber :

https://www.storeboard.com/blogs/education/material-about-building-a-beam-room/965003