Jakarta dan Balikpapan Punya Sekolah Masa Depan

Jakarta dan Balikpapan Punya Sekolah Masa Depan

Jakarta dan Balikpapan Punya Sekolah Masa Depan
Jakarta dan Balikpapan Punya Sekolah Masa Depan

Kualitas guru akan berbanding lurus dengan kesejahteraannya. Di Jakarta

dan Balikpapan, kini ada program Sekolah Masa Depan yang bisa meningkatkan kesejahteraan guru.

Program yang digagas oleh Louis Dreyfus Foundation ini akan diterapkan di dua sekolah dasar negeri melalui peningkatan fasilitas sekolah, pelatihan untuk guru dan orang tua, serta pelibatan murid secara aktif. Dua lokasi berada di Jakarta dan Balikpapan.

Di Jakarta terpilihlah SDN 01 Gambir di Jalan Medan Merdeka Timur.

Di Balikpapan lokasinya ada di SDN 004 Penajam di Pantai Lango, Kecamatan Penajam. Kedua sekolah tersebut memiliki lebih dari 500 murid dan 34 guru.

“Kami percaya, anak merupakan masa depan setiap bangsa. Dengan berinvestasi pada mereka, kami berharap dapat berkontribusi lebih banyak bagi masa depan Indonesia yang berkesinambungan, sejalan dengan keinginan kami untuk berpartisipasi secara aktif dan jangka panjang di sektor pertanian Indonesia,” kata Presiden Direktur LDC Indonesia Rubens Marques dalam keterangan tertulis, Sabtu (28/7).

Program tersebut melibatkan kepala sekolah, guru, orang tua dan murid

. Caranya dengan pemberdayaan masyarakat dan warga sekolah setempat. Misalnya dengan merenovasi lapangan basket untuk SDN 01 Gambir di Jakarta, serta pembangunan sumur dalam dan toilet tambahan, serta renovasi lapangan umum di SDN 004 Penajam di Balikpapan.

Program Sekolah Masa Depan ini akan mencakup pelatihan guru berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan berbasis nilai. Pelatihan ini akan memberikan keahlian metode pengajaran yang kreatif, pelaksanaan di dalam kelas bagi para guru dan keterampilan pengembangan sekolah bagi kepala sekolah dalam program WeTheTeachers.

Kepala Sekolah SDN 01 Gambir Zuryetti berharap, Sekolah Masa Depan bisa meningkatkan kapasistas para guru. Sehingga guru akan lebih sejahtera di masa depan.

“Kami bekerja sama untuk mengembangkan murid-murid kami dan membantu mereka untuk menjadi pemimpin masa depan yang berhasil, inovatif dan kompeten,” kata Zuryetti.

 

Sumber :

https://yaplog.jp/ojelhtcmandiri/archive/4