Teknologi Speech Synthesis Pada Antarmuka Telematika

Teknologi Speech Synthesis Pada Antarmuka Telematika

Teknologi Speech Synthesis Pada Antarmuka Telematika
Teknologi Speech Synthesis Pada Antarmuka Telematika

Speech Synthesis :

Sebuah kemampuan bicara manusia yang dibuat oleh manusia (artificial). Sebuah sistem komputer digunakan untuk tujuan ini yang disebut sebagai speech synthesizer, dan dapat diimplementasikan ke dalam software atau hardware. Sebagai contoh sebuah sistem text-to-speech (TTS) yang dapat mengkonversikan teks dengan bahasa biasa menjadi suara.

 

Yang paling penting dalam kualitas sistem speech synthesis adalah kealamian dan kejelasannya. Dimana

  1. Kealamaian menjelaskan bagaimana dekatnya suara output dengan suara manusia.
  2. Kejelasan adalah dengan kemudahan di mana output tersebut dapat dipahami.

Speech synthesizer yang ideal adalah yang alami dan jelas. Sistem speech synthesis biasanya mencoba untuk memaksimalkan kedua karakteristik.

 

Speech synthesis atau pidato sintesis adalah

produksi buatan manusia pidato. Sebuah sistem komputer yang digunakan untuk tujuan ini disebut speech synthesizer, dan dapat diimplementasikan dalam perangkat lunak atau perangkat keras. text-to-speech (TTS) sistem bahasa normal mengkonversi teks ke dalam pidato. sistem lain membuat representasi linguistik simbolis seperti transkripsi fonetik bicara.

Formant synthesis biasanya program yang lebih kecil

dari concatenative sistem karena ia tidak menggunakan basis data dari sampel-sampel pembicaraan.  Oleh karena itu formant synthesis dapat ditanamkan dalam sistem yang mempunyai memory dan microprosesor yang terbatas. Karena sistem yang berdasarkan formant mempunyai kendali penuh dari sluruh aspek dari hasil pembicaraan, variasi yang luas dari prosodi dan intonasi dapat dihasilkan, menyampaikan tidak hanya pertanyaan dan pernyataan tetapi juga emosi dan nada suara.