KALIMAT UTAMA, KALIMAT PENJELAS DAN GAGASAN POKOK DALAM PARAGRAF

Kalimat Utama, Kalimat Penjelas dan Gagasan Pokok Dalam Paragraf – Dalam sebuah paragraf pasti memiliki kalimat utama dan kalimat penjelas. Kedua unsur tersebut merupakan unsur utama pembentuk paragraf. Pada kesempatan ini kita akan membahas tentang kalimat utama, kalimat penjelas, dan gagasan pokok dalam paragraf.

Perhatikan Contoh Paragraf Berikut!
    Dari dahulu hingga sekarang, boneka tetap menjadi mainan kesukaan anak perempuan. Mainan ini disukai anak perempuan karena bentuknya yang feminin. Selain bentuknya karena bentuknya yang unik, boneka juga disukai anak perempuan karena naluri alamiahnya sebagai seorang perempuan yaitu, suka mengasuh dan menyayangi.
Dari contoh paragraf di atas, bisa kita temukan pengertian dari Kalimat Utama, Kalimat Penjelas dan Gagasan Pokok. Sekarang mari kita jabarkan satu persatu.
KALIMAT UTAMA
KALIMAT UTAMA
Kalimat Utama
Kalimat utamayaitu kalimat yang menjadi inti dari sebuah paragraf. Kalimat utama merupakan unsur penting dalam paragraf karena di sinilah inti dari sebuah paragraf, bisa juga diartikan sebagai kalimat yang mengandung gagasan utama.
Pada contoh paragraf di atas kalimat utamanya terdapat pada kalimat nomor 1 yaitu,  Dari dahulu hingga sekarang, boneka tetap menjadi mainan kesukaan anak perempuan. Kalimat ini disebut sebagai kalimat utama karena kalimat ini bersifat umum, artinya masih bisa diuraikan lagi secara lebih detail.
Kalimat Penjelas
Sesuai dengan namanya, kalimat penjelas merupakan kalimat yang berfungsi menjelaskan pernyataan yang disebutkan pada kalimat utama. Penjelasannya bisa berupa rincian, contoh, maupun hal lain yang  bersifat memperjelas kalimat utama.
Pada contoh paragraf di atas, kalimat penjelasnya terdapat pada kalimat kedua dan ketiga, yaitu :
Kalimat 2, “Mainan ini disukai anak perempuan karena bentuknya yang feminin.” 
Kalimat 3, “Selain bentuknya karena bentuknya yang unik, boneka juga disukai anak perempuan karena naluri alamiahnya sebagai seorang perempuan yaitu, suka mengasuh dan menyayangi.”
Kalimat nomor 2, dan 3, menjelas kan alasan kenapa anak perempuan menyukai boneka.
Gagasan Pokok
Gagasan pokok, atau disebut juga ide pokok adalah pikiran yang menjadi dasar pengembangan sebuah paragraf. Kita dapat menemukan ide pokok dalam kalimat utama. Dengan kata lain, di dalam kalimat utama tersirat ide pokok.
Pada contoh di atas dengan kalimat utama Dari dahulu hingga sekarang, boneka tetap menjadi mainan kesukaan anak perempuan, kita bisa mengetahui bahwa ide pokoknya adalah, Boneka mainan kesukaan anak perempuan.
Baca juga : Syarat Paragraf yang Baik
 
Selamat Belajar…!!! 🙂

baca juga : contoh teks ulasan