Sel Darah Merah : Fungsi, Ciri dan Pembentukan Sel Darah Merah

Sel Darah Merah: Fungsi, Ciri dan Pembentukan Sel Darah Merah

 

Sel darah Merah: fungsi, ciri dan pembentukan sel darah merah | Kali ini, belajar biologi, akan dijelaskan tentang sel darah merah mulai dari apa itu sel darah merah, mengetahui tentang ciri ciri sel darah merah serta pembentukan sel darah merah itu sendiri. Khusus untuk kali ini, kita hanya akan membahas tentang sel darah merah manusia.

Sel darah Merah

Sel darah merah atau eritrosit adalah bagian dari salah satu sel darah yang berbentuk seperti cakram (discus) kecil yang memiliki permukaan cekung atau seperti lempeng bikonkaf. Lihat gambar sel darah merah dibawah (berbentuk seperti sel gepeng kan).

Sel darah merah memiliki jumlah yang cukup banyak yaitu sekitar 5.000.000 per mm kubik darah artinya apabila anda mengalami pendarahan, setiap 1 cc darah anda terdapat 1000 x 5.000.000 sel darah merah atau dengan kata lain terdapat 5 milyar sel darah merah.

Dengan kata lain, untuk manusia seberat 50 kg, kira kira memiliki 5 liter darah sehingga jumlah sel darah merah dengan ukuran normal adalah 25 triliun sel darah merah. Menakjubkan bukan jumlah sel darah merah yang ada di dalam tubuh anda.

Coba hitung berapa jumlah hemoglobin dalam sel darah merah anda.

Sel darah merah memiliki ukuran yang cukup kecil, diameternya hanya sekitar 7,2 mikrometer atau kalau anda hitung, 1/1000 mm. Tidak mungkin anda lihat dengan mata telanjang.

Harus pakai mikroskop dengan perbesaran 10 x 100 untuk terlihat jelas.

Sel darah merah tidak mempunyai nukleus atau inti sel. Kenapa? nanti dijelaskan di bagian pembentukan sel darah merah. Sel darah merah, akan tetapi mengandung protein spesial yang unik yang disebut hemoglobin.

Hemoglobin adalah suatu protein spesial yang mengandung pigmen berwarna kuning. Hal inilah yang membuat darah berwarna merah, atau dengan kata lain, tanpa adanya hemoglobin dalam sel darah merah, maka tidak akan berwarna merah. Coba ingat kalau anda dipukul dan lebam, biasanya berwarna hijau atau biru bukan di dahi anda.

Hemoglobin yang terkandung dalam sel darah merah memiliki kandungan zat besi yang sangat penting. Iron atau zat besi ini (Fe) walaupun penting, hanya dalam jumlah yang sangat kecil dalam sel darah merah dalam seluruh darah di tubuh anda.

Kalau dihitung hitung, jumlah zat besi dalam seluruh sel darah merah anda atau 25 trilliun sel darah merah, hanya mampu membuat paku sepanjang 50,8 mm.

Kecil bukan.

Dengan adanya zat besi dalam hemoglobin sel darah merah, membuatnya mampu mengikat oksigen dengan kuat.

Oksigen yang terikat dengan hemoglobin saat sel darah merah melewati paru paru, akan membentuk oksihemoglobin dan warnanya menjadi cerah. Inilah yang menyebabkan warna sel darah merah yang mengandung oksigen (teroksigenasi) menjadi merah cerah.

Sel Darah Merah: Fungsi, Ciri dan Pembentukan Sel Darah Merah
Amati ciri ciri sel darah merah : Bentuk sel darah merah

Saat sel darah merah melewati jaringan, maka oksigen akan terlepas dari darah dan hemoglobin akan menjadi keruh atau hemoglobin tereduksi, sehingga sel darah merah menjadi merah keunguan.Umumnya, hemoglobin dalam sel darah merah diukur dalam satuan gram per 100 ml. Untuk normalnya, hemoglobin manusia sekitar 14-16 g per 100 ml.

Sel Darah Merah: Fungsi, Ciri dan Pembentukan Sel Darah Merah
Gambar Sel darah merah mengalir di pembuluh darah

 

Ciri ciri Sel darah Merah

Oke, sekarang kita masuk ke pembahasan ciri ciri sel darah merah berdasarkan rincian diatas.

Sel darah merah memiliki ciri ciri yaitu:

1.Sel darah merah berwarna merah cerah saat masih baru (hemoglobin belum melepaskan oksigennya
2. Sel darah merah memiliki ukuran sekitar 7,2 mikrometer. Untuk pembesaran 10 x 100= 1000 kali, anda akan melihat sekitar 120 sel darah merah.
3. Sel darah merah memiliki bentuk cekung atau cakram. Dari pengamatan mikroskop biasa akan terlihat seperti keping koin bersusun.
4.  Sel darah merah memiliki jumlah sekitar 5 miliar dalam 1 cc darah atau 5 trilliun dalam 1 liter darah atau dalam 5 juta dalam 1 mm kubik darah.
5. Sel darah merah mengandung hemoglobin sebagai penyusunnya
6. Sel darah merah tidak memiliki inti sel sehingga tidak mampu melakukan pembelahan sel
7. Sel darah merah mengandung zat besi dan membutuhkan zat besi dalam pembentuknya.
8. Sel darah memiliki umur rata rata sekitar 120 hari.

 

So, sudah mengerti tentang ciri ciri sel darah merah bila sudah mari lanjut belajar tentang pembentukan sel darah merah, dan baca juga kingdom animalia