15 Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli

15 Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli

15 Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli
15 Pengertian Pengetahuan Menurut Para Ahli

Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI)

pengetahuan berarti segala sesuatu yg diketahui; kepandaian: atau segala sesuatu yang diketahui berkenaan dengan hal (mata pelajaran). 

Pudjawidjana (1983)

pengetahuan adalah reaksi dari manusia atas rangsangannya oleh alam sekita rmelalui persentuhan melalui objek dengan indera dan pengetahuan merupakan hasil yang terjadi setelah orang melakukan penginderaan sebuah objek tertentu.

Ngatimin (1990)

pengetahuan adalah sebagai ingatan atas bahan-bahan yang telah dipelajari dan mungkin ini menyangkut tentang mengikat kembali sekumpulan bahan yang luas dari hal-hal yang terperinci oleh teori, tetapi apa yang diberikan menggunakan ingatan akan keterangan yang sesuai.

Notoatmodjo (2007)

pengetahuan adalah merupakan hasil dari tahu dan ini setelah orang melakukan penginderaan terhadap obyek tertentu. Penginderaan terjadi melalui panca indera manusia, yakni indera penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagaian besar pengetahuan manusia diperoleh melalui mata dan telinga.

Gordon (1994: 57)

pengertian pengetahuan adalah struktur organisasi pengetahuan yang biasanya merupakan suatu fakta prosedur dimana jika dilakukanakan memenuhi kinerja yang mungkin.

Nadler (1986 : .62) pengertian pengetahuan adalah proses belajar manusia mengenai kebenaran atau jalan yang benar secara mudahnya mengetahui apa yang harus diketahui untuk dilakukan.

Kraiger (1993 : 28)

pada dasarnya pengetahuan (knowledge) dapat dibagi menjadi dua bagian yang saling berhubungan, yaitu: Theoritical Knowledge dan Practical Knowledge.

Martin & Oxman, 1988

Pengetahuan merupakan kemampuan untuk membentuk model mental yang menggambarkan obyek dengan tepat dan merepresentasikannya dalam aksi yang dilakukan terhadap suatu obyek.

Anonim

Pengetahuan adalah sumber yang luar biasa, sumber penciptaan nilai yang paling utama.

Robert M.Z. Lawang

Pengetahuan adalah segala sesuatu yang dialami atau yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari seseorang.

Onny S. Prijono.

Pengetahuan adalah nilai yang membiasakan orang yang mengembannya untuk selalu tahu (sadar) tentang apa yang dialakukan dan mandiri dalam penelitian.

John Dewey

Pengetahuan ialah perkembangan pandangan instrumentalis pragmatis, dimana kecerdasan dilihat sebagai penyesuaian yang sensitive dan fleksibel dengan bermaksud ends-in view.

Prancis Bacon (1561 – 1626)

Selama ini pengetahuan tentang hubungan kekuasaan dan pengetahuan berasal dari filsafat ilmu, yang artinya pengetahuan ialah kekuasaan.

Subandi Al Amrsudi

Pengetahuan ialah segala sesuatu kebenaran yang diterima oleh manusia, baik yang telah teruji menjadi ilmu maupun yang belum teruji.

Laudon (Pearson)

Pengetahuan adalah kejadian yang kognitif, bahkan fisiologis, yang terjadi dalam pikiran manusia.

Sumber: https://sel.co.id/