Smart Library, Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Minat Baca

Smart Library, Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Minat Baca

Salah satu indikator capaian mutu edukasi dapat disaksikan dari keterampilan akademik siswa. Ukuran akademik ini dapat disaksikan dalam penguasaan mereka di bidang matematika, sains, dan keterampilan membaca.

Seiring pertumbuhan teknologi dan karakter menarik generasi milenial, diperlukan terobosan untuk unik minat generasi muda dalam urusan belajar dan pun membaca.

Smart Library bisa menjadi di antara inovasi guna menumbuhkan minat tersebut. Smart Library merupakan software perpustakaan digital yang mempermudah masyarakat, terutama komunitas di sekolah dalam mengakses informasi.

Harapannya, melalui software yang diangkat Gramedia Digital Nusantara ini bisa mendorong minat baca, menambah kompetensi dan bobot dalam bidang pendidikan.

Nilai positif

Smart Library Karawang menjadi di antara kota yang mengaplikasikan Smart Library untuk menambah mutu pendidikan. Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana akan merealisasikan Smart Library guna 157 SMP di kabupaten Karawang.

Hal ini dikatakan Bupati dalam acara Forum Musyawarah Kerja Kepala Sekolah SMP Kabupaten Karawang, Senin (24/9/2018). “Saya sepakat sebab di era digitalisasi ini suka tidak suka mesti memakai teknologi informasi,” kata Bupati.

Ia menuliskan Smart Library yang diinisiasi pihak Gramedia mempunyai nilai positif. Cellica Nurrachadiana bercita-cita dengan kehadiran Smart Library dapat menambah mutu edukasi di kabupaten Karawang, terutama di tingkat SMP.

Tidak melulu itu, ia juga bercita-cita pengetahuan anak didik bisa lebih berkembang dan lulus sekolah dengan nilai lebih baik.

Akses konten digital berkualitas

Berdasarkan pelajaran.id keterangan dari  Bupati Karawang ini bukan hal susah untuk merealisasikan Smart Library ke sekolah-sekolah di Karawang menilik di masing-masing sekolah sudah mempunyai unit komputer.

“Saya rasa ini peluang baik. Tinggal anda bicarakan bagaimana teknisnya. Apakah dana PMMS dapat digunakan atau tidak, dan bagaimana respon teman-teman kepala sekolah. Atau 500 akun dulu, kan dapat dishare untuk yang memerlukan,” katanya.

Pihak Gramedia, diwakili Irawan Sukma, Vice General Manager, menuliskan bahwa dalam rangka penambahan minat baca dan literasi digital maka PT Gramedia berkolaborasi dengan Gramedia Digital Nusantara mengembangkan sebuah software yang dapat dipakai secara cuma-cuma oleh masyarakat Indonesia.

Aplikasi Smart Library akan mempermudah masyarakat mengakses konten digital berbobot | berbobot | berkualitas dan bermutu. Konten digital ini dapat berupa eBook, eNewspaper dan eMagazine.

Meningkatkan minat baca dan mutu edukasi

“Sebuah kebesaran bisa berkolaborasi dengan Pemkab Karawang guna mewujudkan cita – cita luhur bangsa yakni mencerdaskan kehidupan bangsa Indonesia. Semoga inisiatif ini dapat disambut baik oleh masyarakat Karawang dan pun Kabupaten lainnya di Indonesia,” katanya.

Dalam peluang yang sama Sarjito, VP Business and Relation Gramedia Digital Nusantara mengucapkan saat ini Gramedia Digital telah berkolaborasi dengan lebih dari 700 penerbit di Indonesia dan luar negeri.

Konten-konten tersebut sekarang dapat dinikmati dengan gampang mealui smartphone. Diharapkan dengan konten yang semakin kaya dan berkualitas akan menambah minat baca dan membetulkan mutu edukasi Indonesia.