Cara Menanam Hingga Panen Bunga Mawar

Cara Menanam Hingga Panen Bunga Mawar

Cara Menanam Bunga Mawar yang paling populer adalah memanfaatkan metode stek. metode stek merupakan metode menanam bunga mawar yang paling banyak dilakukan oleh para petani di dalam budidaya bunga mawar. Karena metode stek relatif gampang dilakukan dan tingkat keberhasilannya termasuk lumayan tinggi dibandingkan bersama dengan cara yang lain. Bunga mawar merupakan tidak benar satu model tanaman hias yang paling populer dari seluruh spesies bunga yang ada. Bunga mawar memiliki banyak model jadi dari mawar merah, putih dan warna-warna lainnya. Selain itu, bunga mawar termasuk merupakan tanaman yang paling banyak diminati oleh penduduk dan banyak dimanfaatkan untuk hiasan halaman dan ruangan.

Cara Menanam Hingga Panen Bunga Mawar

Menanam bunga mawar termasuk relatif mudah, gara-gara tidak butuh perlakuan khusus. Yang kudu diperhatikan yakni melindungi tanaman sehingga tercukupi keperluan air dan nutrisinya. Air dan nutrisi merupakan faktor penting bagi pertumbuhan tanaman, gara-gara jika kedua faktor selanjutnya tidak terpenuhi akan menyebabkan tanaman tumbuh tidak normal apalagi mati.

Cara Menanam Bunga Mawar
Syarat Pertumbuhan
Curah hujan yang dibutuhkan yakni 1500 – 3000 mm per tahun
Membutuhkan penyinaran sinar matahari
Suhu lingkungan yang baik untuk pertumbuhan tanaman mawar yakni 18 – 26 derajat Celcius bersama dengan kelembaban 70% – 80%
Cocok ditanam terhadap tanah yang subur dan banyak memiliki kandungan bahan organik bersama dengan pH tanah 5 – 7
Pembibitan Bunga Mawar
Persyaratan Benih
Pilih benih mawar berkwalitas baik sehingga tanaman mawar termasuk mampu tumbuh bersama dengan baik dan optimal. Benih yang berkwalitas diperoleh dari induk tanaman yang berkualitas, pertumbuhannya cepat, biji tidak abnormal dan tidak terserang hama maupun penyakit.

Persiapan Benih
Lakukan pemilihan buah dari tanaman bunga mawar yang unggul, petik bunga mawar yang telah masak dan terlihat bagus.
Siapkan fasilitas persemaian; siapkan tanah subur dan humus, selanjutnya masukkan medi ke di dalam persemaian. Siram medi sampai basah dan tanamkan bunga mawar satu per satu sedalam 0,5 – 1 cm. Biarkan sebagian hari sehingga biji terlihat dan terkelupas dari bijinya.
Pemeliharaan Benih
Setelah benih ditanam, jalankan penyinaran secara teratur. Pemupukan termasuk kudu dilakukan bersama dengan baik sehingga fasilitas senantiasa subur dan gembur. Benih yang telah memiliki beberpa helai daun (umur 22 bulan) mampu dipindahtanamkan ke lahan atau kebun.

Penyiraman
Selalu jaga kelembaban tanaman sehingga tanaman tidak kekurangan keperluan air yang akan menyebabkan tanaman menjadi kering dan mati. Namun berlebihan air termasuk tidak bagus untuk tanaman mawar gara-gara kan menyebabkan akar tanaman menjadi busuk dan mengganggu proses pertumbuhan tanaman itu sendiri. Penyiraman lumayan dilakukan dua kali sehari yakni setiap pagi dan sore hari. Saat mudim hujan, jadwal penyiraman mampu dikurangi dan mengatur kondisi cuaca.

Proses Penanaman
Congkel akar bersama dengan hati-hati sehingga tidak rusak, untuk dipindahtanamkan ke polybag atau lahan yang telah disiapkan sebelumnya. Lalu ditimbun bersama dengan tanah sisa yang telah diberi pupuk. Kemudian disiram sampai basah.

Panen Bunga Mawar
https://www.budidayaternak.com/ Waktu panen bunga mawar sesuai bersama dengan pertumbuhan tanaman, pertumbuhan tanaman dan termasuk model varietasnya. Namun secara umum, bunga mawar mampu dipanen 4 – 5 bulan sejak pas tanam. Cara panen bunga mawar yakni bersama dengan menggunting anggota tangkai bunga memanfaatkan gunting tanaman bersama dengan hati-hati. Bunga mawar yang telah dipanen atau dipetik, dikemas dan disimpan bersama dengan fasilitas lainnya sehingga bunga mawar senantiasa segar, tidak gampang layu dan mati.